11 Kelebihan dan Keunggulan iOS 9

11 Kelebihan dan Keunggulan iOS 9 – Apple telah meluncurkan iOS 9 untuk iPhone, iPad dan iPod Touch. Pada iOS versi terbaru ini, Apple menambahkan beberapa fitur baru dan memperbaiki beberapa fitur lainnya. Seperti yang dirangkum oleh Forbes, inilah 11 fitur menarik yang ada pada iOS 9:

iphone 6 s

1. Baterai yang bertahan lebih lama
Banyak orang yang terkejut saat Apple mengurangi kapasitas baterai yang ada pada iPhone 6S dan 6S Plus. Meskipun begitu, Apple mengklaim bahwa efisiensi daya pada iOS 9 akan membuat baterai dari kedua iPhone terbaru tersebut bertahan cukup lama.

Satu hal yang menarik adalah karena Apple menyebutkan bahwa iOS 9 akan membuat baterai iPhone, iPad dan iPod generasi lama bertahan lebih lama. Mereka memberi contoh bahwa dengan iOS 9, iPhone akan dapat bertahan 1 jam lebih lama.

2. Power Saving Mode
Selain efisiensi daya, Apple juga menambahkan satu fitur baru pada iOS 9, yaitu power saving mode. Mode ini akan sangat berguna saat Anda perlu menghemat daya gadget Anda. Sekali lagi, Apple menjadikan iPhone sebagai contoh. Mereka menyebutkan bahwa mode ini akan membuat iPhone bertahan 3 jam lebih lama.

Sayangnya, Apple belum menjelaskan fungsi apa saja yang akan mati saat power saving mode diaktifkan. Kemungkinan, kecerahahan layar akan berkurang dan aplikasi yang dirasa tidak penting akan dimatikan.

3. Memori ekstra
Saat Apple masih meluncurkan iPhone 6S dan 6S Plus dengan memori internal 16GB, mereka mendapatkan banyak kritik. Apple membela diri dengan menyebutkan bahwa gadget dengan iOS 9 akan memiliki memori kosong lebih besar karena iOS 9 tidak akan memakan terlalu banyak memori.

Jika sebelumnya iOS memerlukan memori sebesar 4GB, iOS 9 hanya memerlukan memori sebesar 1,3GB. Dengan begitu, iPhone yang tidak memiliki memori besar akan mendapatkan memori ekstra.

4. Fitur multitasking
Fitur multitasking telah tersedia untuk Android sejak lama. Dan akhirnya, fitur ini akan tersedia untuk iPad. Sayangnya, fitur ini hanya tersedia untuk iPad Air 2, iPad Mini 4 dan iPad Pro.

5. Siri yang lebih baik
Selama ini, performa Siri masih kalah jika dibandingkan dengan Cortana milik Microsoft atau Voice Search milik Google. Meskipun begitu, dengan perilisan iOS 9, Apple telah meningkatkan performa Siri. Saat ini, Siri telah mendukung pencarian menggunakan bahasa yang terasa natural untuk manusia. Selain itu, sekarang, pengembang aplikasi juga telah mendapatkan akses ke Siri. Dan hal ini berarti, para pengembang dapat menemukan cara kreatif untuk memanfaatka Siri ke dalam aplikasi mereka.

Pada iPhone 6S dan 6S Plus, Siri juga selalu aktif. Sehingga, pengguna cukup berkata “Hey Siri” jika mereka ingin menggunakan Siri, bahkan jika layar iPhone berada dalam keadaan mati.

6. Asisten Proactive
Asisten Proactive yang muncul di iOS 9 merupakan jawaban Apple pada layanan Google Now yang cukup populer di Android.

Sama seperti Google Now, Proactive akan mengumpulkan semua konten yang ada pada ponsel Anda sehingga ia akan dapat menunjukkan konten yang Anda butuhkan bahkan sebelum Anda memintanya. Misalnya, Proactive dapat memberikan Anda penunjuk jalan berdasarkan jadwal kegiatan Anda sehari-hari.

Satu hal yang menarik adalah karena Apple menekankan bahwa mereka tidak akan memberikan data Anda ke pihak lain. Mereka bahkan tidak akan menyimpan data Anda di server mereka. Data Anda hanya akan tersimpan di gadget Anda.

7. Keyboard yang lebih baik
Para pengguna iPad akan mendapatkan kemudahan mengetik dengan fitur QuickType pada iOS 9. Sama seperti keyboard pada Android atau Windows Mobile, iOS 9 kini akan menawarkan saran pengetikan dan opsi autocomplete pada bagian atas keyboard. Selain itu, keyboard pada iOS 9 juga memiliki tombol untuk pintasan seperti potong, salin atau melampirkan berkas.

8. Fitur baru pada Apple Maps
Apple berusaha untuk memperbaiki reputasi Apple Maps dengan menambahkan 2 fitur baru. Yang pertama adalah arahan saat menggunakan transportasi umum. Selain itu, Apple juga telah menyediakan peta dari sebuah gedung seperti bandara atau mall. Dan hal ini berarti, bahkan di dalam gedung, pengguna gadget berbasis iOS akan tetap dapat meliihat peta dari bangunan tersebut. Meskipun begitu, peta dalam bangunan ini masih akan sangat terbatas.

9. Apple News
Apple berusaha menyaingi Flipboard dengan meluncurkan News. Apple menyebutkan, mereka telah bekerja sama dengan beberapa pembuat konten untuk membuat aplikasi yang cantik dan interaktif yang dapat dinikmati oleh pengguna baik secara online maupun offline.

Inilah pembuat konten yang telah bekerja sama dengan Apple.

10. Safari Ad Blocker
Safari pada iOS 9 kini akan mendukung pemblokir iklan buatan perusahaan lain. Saat ini, telah ada banyak pengembang yang memasukkan aplikasi pemblokir iklan ke App Store. Dengan fitur ini, maka kedudukan Apple News akan menjadi semakin kuat di mata para pembuat konten.

11. Notes yang lebih baik
Pada iOS 9, Apple juga melakukan perombakan pada aplikasi Notes, yang merupakan aplikasi untuk meningkatkan produktivitas yang cukup populer di kalangan penggunanya. Meskipun Notes masih belum dapat menyaingiEvernote, tetapi Notes pada iOS 9 telah mendukung tulisan tangan, gambar, gambar yang diselipkan, dan dapat melampirkan file yang dapat dilihat. Selain itu, Notes juga akan dapat disinkronkan pada perangkat berbasis iOS dan OS X melalui iCloud.

11 Kelebihan dan Keunggulan iOS 9 | admin | 4.5