5 Cara Makan Yang Salah dan Buat Diet Gagal

5 Cara Makan yang Salah dan Buat Diet Gagal – Beberapa orang mengharapkan dietnya berhasil sesuai harapan. Berat badan hilang dengan usaha-usaha mengatur pola makan yang selama ini dilakukan. Namun, banyak orang nggak memperhatikan cara makan mereka, meski menu yang dikonsumsi sudah benar. Sehingga diet yang dilakukan pun bisa sia-sia pada akhirnya. Mungkin, kamu sendiri yang sedang melakukan proses diet pun nggak menyadarinya.

makan kue

Berikut ada 5 poin kesalahan makan yang bisa saja menjadi faktor kegagalanmu dalam diet. Coba kamu telaah lagi, apakah kamu termasuk dalam orang-orang yang melakukan kesalahan itu? Cekidot!

Kamu menganggap makananmu terlalu kecil. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr Barbara J. Roll, penulis The Ultimate Volumetrics Diet menunjukkah bahwa beberapa makanan yang dijual di restoran siap saji telah mengalami proses penyuntikan udara agar terlihat lebih besar. Beberapa orang menganggap kalau makanan yang besar akan mengenyangkan. Padahal kalau ukuran makanan itu besar karena udara, otomatis tidak akan buat kenyang. Justru bikin kamu ingin makan lagi dan lagi.

Kamu nggak mengunyah makanan dengan baik. Kita hidup di zaman serba cepat. Tak hanya gerak tubuh, mungkin mengunyah makanan pun juga dituntut untuk cepat. Hal tersebut bisa saja menjadi malapetaka bagimu. Nggak hanya berisiko tersedak, lebih dari itu proses pencernaanmu pun akan terganggu dan bikin metabolisme nggak berjalan dengan sempurna. Maka dari itu, kunyahlah makananmu sebanyak 20-30 kali sebelum di telan.

Kamu makan sambil terganggu. Mungkin, selama ini kamu sering makan sambil melakukan kegiatan lain, seperti bekerja, nonton film, atau baca buku. Tanpa disadarai, kebiasaan multi-tasking seperti itu justru bikin kamu makan terlalu banyak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa gangguan saat makan cenderung bikin cepat lapar, dan makan lebih banyak di jam-jam berikutnya. Kalau begitu, gimana diet mau sukses?

Berhenti makan karena makanan sudah habis, bukan karena sudah tidak lapar. Diet bukan berarti kamu nggak diperkenankan untuk makan sama sekali. Justru saat diet, kamu dianjurkan untuk makan makanan yang bisa menjaga asupan nutrisi juga kalori agar seimbang. Namun, sayangnya beberapa orang berhenti makan karena makanan mereka sudah habis, bukan karena sudah kenyang. Solusinya, ambil makanan secukupnya, lalu berhentilah saat perut terasa kenyang, bukan karena makanan belum habis.

Makan dan ngemil. Penelitian menunjukkan bahwa seseorang makan bukan karena rasa lapar, melainkan karena ukuran wadah. Tanpa kamu sadari, kamu akan menuangkan camilan lagi dan lagi. Namun, penelitian yang di publikasikan Journal of Nutrition pada 2011 mengatakan bahwa porsi makanan nggak selamanya bisa mengurangi camilan kalau kita makan saat pada saat nggak lapar. Justru, kamu akan makan lagi dan lagi untuk menghindari ngemil. Padahal itu juga nggak baik dalam proses diet.

5 Cara Makan Yang Salah dan Buat Diet Gagal | admin | 4.5