5 Cara Mudah Mendapatkan Modal Tanpa Harus Meminjam

5 Cara Mudah Mendapatkan Modal –┬áMendirikan sebuah usaha memang tidak mudah. Selain harus melahirkan ide kreatif, kamu juga harus memiliki modal yang cukup. Modal ini memang sulit sekali untuk mendapatkannya. Soalnya sebagian besar usaha membutuhkan modal yang lumayan besar.

laptop

Ada satu cara mendapatkan modal yang mudah, yaitu dengan meminjam modal dari orangtua. Tapi, apa kamu tega? Sementara niatmu untuk membangun bisnis agar kamu hidup lebih mandiri.

Karena itu, kamu harus mencari cara lain agar tidak melulu membebani orangtua. Tapi, kamu jangan khawatir. Karena kali ini Bintang.com akan membahas lima cara mendapatkan modal usaha tanpa harus meminta pada orangtua.

Sisihkan gajimu 30%. Buat kamu yang sudah bekerja, tapi ingin membuka usaha untuk medapatkan uang tambahan, cobalah untuk menyisihkan gajimu setiap bulan sebanyak 30%. Kamu pasti pernah, kan, mendengar kalau gajimu sebaiknya dibagi tiga, 60% untuk biaya hidup, 10% untuk jalan-jalan, dan sisanya untuk diinvestasikan. Nah, untuk sementara, kamu bisa menyisihkan 30% gajimu untuk ditabung hingga cukup untuk menjadi modal usahamu satu tahun mendatang.

Patungan dengan teman. Atau kamu juga bisa mengajak teman kuliah atau kantor untuk bekerja sama. Kalian akan patungan untuk modal usaha yang akan kalian dirikan. Sehingga beban pun akan menjadi lebih ringan. Tapi, pastikan ide bisnismu sejalan dengan idenya. Jangan sampai kalian bertengkar sejak awal mendirikan bisnis.

Jual barang yang tidak terpakai. Kamu juga bisa mendapatkan uang tambahan untuk modal usaha dengan menjual barang yang tidak terpakai di rumah. Misalnya buku, komik, meja, baju, topi, tas, dan lainnya. Memang harganya akan jatuh. Tapi, kalau jumlahnya banyak, uang yang kamu dapatkan jumlahnya juga bisa lumayan banyak.

Cobalah crowdfunding. Jangan khawatir kalau kamu tidak punya modal. Asalkan punya ide brilian, kamu bisa mendapatkan suntikan dana dari mana pun. Bahkan kamu hanya perlu Internet dan laptop untuk mendapatkannya! Ya, nama sistemnya crowdfunding. Jadi kamu harus menyampaikan ide usahamu. Para sponsor atau investor akan menyuntikkan dana jika mereka merasa idemu sangat bagus dan akan berkembang. Di Indonesia sendiri, ada beberapa situs crowdfunding seperti Kitabisa, Wujudkan, dan Crowdtivate.

Sistem dropship juga bisa jadi ide yang tidak buruk. Selain crowdfunding, kamu juga bisa mencoba sistem dropship. Sistem ini memudahkanmu untuk mendirikan usaha dengan dana 0! Bisa? Pasti bisa. Sistemnya secara garis besar begini, kamu bertugas menyalurkan barang dari tangan pertama kepada para reseller atau konsumen. Dengan menjalani sistem ini, kamu bisa untung 50% setiap itemnya! Coba saja kalau kamu tidak percaya.

Nah, itu dia lima cara mendapatkan modal usaha tanpa harus meminjam dana dari orangtua. Sebenarnya bisa, sih, meminjam dari bank. Tapi prosedurnya tidak sederhana. Kalau semua prosedur bisa kamu penuhi, tidak ada salahnya juga untuk mencoba mengajukan pinjaman kepada bank yang kamu percayai. Tapi hati-hati, pastikan usahamu berjalan dengan baik.

5 Cara Mudah Mendapatkan Modal Tanpa Harus Meminjam | admin | 4.5