5 Jurus Cantik Ala Ayurveda

5 Jurus Cantik Ala Ayurveda – Kulit bersinar dan mulus memang dapat meningkatkan kepercayaan diri, namun selain itu, penampilan kulit juga menjadi indikator kesehatan tubuh lho.

Meskipun pasar saat ini dibanjiri produk yang mengklaim untuk mengatasi setiap masalah kulit, namun mayoritas bahan kimia yang dikandung produk itu memiliki efek samping pada kulit jangka panjang. Dan apabila pemakaiannya cukup lama, bahan-bahan tersebut mempengaruhi penampilan kulit.

Alam telah berperan seperti toko super lengkap yang menyediakan aneka bahan untuk merawat kecantikan kulit. Dan resep Ayurveda mengajarkan beberapa cara untuk mencegah penuaan dini. Sejumlah obat herbal, secara alami dapat meningkatkan keindahan kulit, mencegah serta mengatasi problem kulit seperti noda hitam, jerawat, lingkaran hitam di mata, bekas luka, keriput, dan lain sebagainya.

Nah, yuk kita lihat jurus Ayurveda apa saja yang bisa Anda praktekkan untuk merawat kulit dan membebaskannya dari masalah.

Jurus 1: Membersihkan pori-pori

Membersihkan pori-pori tanpa membuat kulit purging bisa menggunakan susu mentah. Susu ternyata dapat membantu menghilangkan kotoran yang tak terlihat terutama yang bersembunyi di dalam pori-pori kulit.

Gunakan susu mentah yang diaplikasikan pada bola kapas, kemudian pulas lembut di wajah untuk membersihkan kulit. Anda bisa mencampurnya dengan sedikit air perasan jeruk nipis untuk mengurangi kelebihan minyak.

Jurus 2: Menghaluskan kulit

Mendapatkan kulit halus itu mudah. Anda cukup mengaplikasikan jus jeruk pada kulit untuk memperbaiki tekstur kulit dan membuat warnanya lebih cerah. Buah yang kaya akan vitamin C ini memungkinkan tubuh melawan penuaan dan bertindak sebagai toner, terutama bagi kulit berminyak

Jurus 3: Mengontrol dan menaklukkan jerawat

Ada dua bahan yang secara ampuh dapat mengatasi jerawat.

A. Sandalwood dan kunyit

Paduan kedua bahan ini dapat mengatasi peradangan jerawat dan mengeringkannya dalam waktu yang relatif singkat. Buat pasta berbahan bubuk cendana dan kunyit dan campur dengan sedikit air. Oleskan pada wajah selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Anda bisa melakukannya setiap hari sampai jerawatnya tidak lagi meradang dan kering.

B. Aloe Vera

Aloe Vera adalah salah satu keajaiban alam yang memiliki sejumlah manfaat kulit dan kesehatan. Daunnya mengandung gel yang bila dioleskan pada wajah akan membantu menyembuhkan jerawat dan mencegah peradangan. Aloe Vera ini juga mengurangi pembengkakan dan kemerahan pada jerawat, sehingga dalam jangka waktu seminggu, hasilnya akan terlihat.

Jurus 4: Mengurangi bintik hitam

Untuk mengurangi noda hitam akibat terkena paparan sinar matahari atau bekas jerawat, Anda bisa menggunakan pemutih alami dari kentang.

Gosokkan saja sepotong kentang mentah pada kulit Anda, maka problem pigmentasi kulit ini bisa diringankan. Selain itu, kentang dapat melembabkan kulit secara alami, mengatasi garis keriput di wajah terutama di area sekitar mata serta garis senyum.

Jurus 5: Melembabkan kulit

Ada dua bahan yang dapat melembabkan kulit dengan maksimal ala Ayurveda.

A. Minyak Zaitun

Minyak yang disebut olive oil ini dapat melembabkan kulit secara alami. Kaya akan kandungan antioksidan dan asam lemak, minyak zaitun boleh diaplikasikan tipis-tipis ke kulit sebelum tidur setiap malam. Selain melembabkan dan meremajakan kulit, minyak zaitun mencegah pembentukan garis dan kerutan halus di wajah.

B. Madu

Madu adalah humectant (zat yang membuat kulit jadi lebih lembab), dan dapat membantu Anda mendapatkan kulit yang lembut serta kenyal. Anda yang ingin menghindari keriput serta pengelupasan kulit serta kekeringan pada kulit bisa memetik manfaat masker madu ini setiap hari.

Resep Ayurveda sudah terbukti selama berabad-abad untuk menjaga kulit wanita tetap cantik alami. Sehingga Anda tidak perlu takut dan ragu untuk mencoba resep nenek moyang ini.

5 Jurus Cantik Ala Ayurveda | admin | 4.5