5 Tips Memencet Jerawat Agar Tidak Tambah Parah

5 Tips Memencet Jerawat Agar Tidak Tambah Parah –┬áBeberapa dokter kecantikan memang tidak menyarankan untuk memencet jerawat. Sebab, dapat menyebabkan bekas luka dan menimbulkan lebih banyaknya bakteri yang masuk sehingga membuat jerawat bertambah parah dan timbul kembali di tempat yang sama.

jerawat batu

Namun jika Anda tetap ingin mengeluarkan jerawat dengan cara dipencet, lakukanlah dengan cara yang benar agar tidak meradang. Dilansir dari Women’s Health, Dr. Rebecca Kazin, seorang dermatologist asal Washington, DC dan juga Direktur Asosiasi Washington Institute of Dermatologic Laser Surgery Chevy Chase and John Hopkins, memberikan saran untuk meminimalisir dan menyembuhkan kerusakan akibat ‘tangan yang bandel’ memencet jerawat.

1. Pastikan Kebersihan Tangan
Anda pasti sudah mengetahui bahayanya menyentuh jerawat dengan tangan yang tidak bersih. Tangan kotor dapat membawa bakteri dari jerawat ke bagian wajah yang lain sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada wajah seperti jerawat, kulit mengelupas, bahkan kasar. Biasakan untuk mencuci tangan sebelum menyentuh wajah Anda.

2. Gunakan Salep Jerawat
“Jika Anda memencet jerawat pasti akan timbul luka kecil,” ujar Dr. Rebecca. Gunakan salep jerawat yang mengandung antibiotik pada malam hari untuk mempercepat proses penyembuhan. Anda tidak perlu menggunakan salep secara terus-menerus karena kulit yang sedang dalam proses penyembuhan membutuhkan oksigen yang lebih banyak.

3. Jangan Dipencet Berulang Kali
Memencet sekali saja dapat menyebakan bekas luka, apalagi memencetnya berulang kali. “Jerawat dapat membengkak jika dipencet secara terus menerus,” kata Dr. Rebecca.

4. Jangan Sentuh Bekas Luka Jerawat
“Untuk menghindari kulit yang mengoreng, jangan sentuh bekas luka akibat memencet jerawat,” kata Dr. Rebecca. Bekas luka memerlukan proses yang lama untuk proses regenerasi kulit. Selain itu, akan ada perubahan warna pada bekas luka.

5. Samarkan dengan Makeup? Tak masalah!
Rebecca mengatakan tidak masalah jika kita menggunakan makeup saat sedang ada jerawat, namun, Anda harus segera mencuci wajah setelah selesai menggunakan riasan. Bersihkan juga wajah pada pagi dan malam hari. Menggunakan riasan pada wajah seharian tentu dapat membuat jerawat lebih buruk.

5 Tips Memencet Jerawat Agar Tidak Tambah Parah | admin | 4.5