6 Cara Agar Mebel Dapat Bertahan Lama

6 Cara Agar Mebel Dapat Bertahan Lama – Mebel dalam berbagai macam bentuk merupakan bagian yang sangat penting dari rumah. Membeli mebel memerlukan biaya yang cukup banyak terutama yang memiliki kualitas yang baik.

mabel

Oleh karena itu, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar mebel Anda dapat terjaga dan bertahan lama. Dilansir dari About Home, berikut enam cara untuk merawat mebel Anda.

1. Jangan terlalu sering dipindah-pindah
Sebenarnya tidak ada yang salah dengan memindah mebel yang Anda miliki, hanya saja terkadang cara yang tidak tepat dapat membuat barang tersebut mudah rusak. Sering kali seseorang memindah mebel mereka dengan cara mendorong atau menariknya. Selain dapat merusak atau meninggalkan bekas di lantai, tindakan ini juga dapat membuat sambungan-sambungan dari mebel tersebut menjadi lebih kendor karena tarikan dan dorongan tadi. Cara terbaik memindah mebel adalah dengan mengangkatnya.

2. Rapatkan sekrup dan bagian sambungan secara teratur
Walaupun mebel Anda jarang dipindahkan, tetapi penggunaan sehari-hari dan membiarkannya dalam waktu lama dapat membuat bagian sambungan dari sebuah mebel jadi tidak rapat. Dalam jangka waktu yang teratur, sebaiknya rapatkan kembali sekrup-sekrup yang terdapat pada mebel serta rapatkan kembali paku-paku yang ada. Cara ini dapat membuat mebel Anda bertahan lebih lama dan hanya membutuhkan sedikit waktu dibanding memperbaikinya ketika rusak.

3. Selalu jaga kebersihannya
Menjaga mebel dari segala macam kotoran dan bahkan debu dapat membuat penampilannya terlihat tetap bagus. Selain itu debu-debu tersebut juga dapat menimbulkan goresan pada mebel dan membuat warnanya menjadi memudar. Selain itu menjaga kebersihan mebel juga dapat menghindari bau-bau aneh yang mungkin muncul.

4. Gunakan pembersih yang tepat
Kadang tanpa disadari, ketika Anda membersihkan mebel ternyata bahan pembersih yang digunakan malah menimbulkan kerusakan pada mebel tersebut. Oleh karena itu selalu gunakan bahan pembersih yang aman dan tidak terlalu keras kandungan kimianya. Gunakan bahan lap yang aman seperti dari katun atau wol. Jangan lupa juga gunakan kemoceng terlebih dahulu untuk membersihkan debu, karena jika langsung dilap dapat menimbulkan goresan pada mebel Anda.

5. Jauhkan dari cahaya matahari
Cahaya matahari secara langsung dapat membuat mebel-mebel dengan bahan kain dan kayu kehilangan warnanya. Sebisa mungkin hindarkan mebel Anda dari cahaya matahari langsung, namun juga jangan taruh di ruang yang sepenuhnya tertutup karena dapat membuatnya menjadi lembap.

6. Hindarkan dari kondisi lembap
Kondisi lembap dapat membuat daya tahan mebel menjadi menurun. Selain itu, hal itu juga dapat membuat mebel Anda memiliki bau yang aneh. Usahakan agar barang tersebut selalu berada dalam kondisi kering. Kondisi lembap juga dapat membuat mebel yang terbuat dari kayu menjadi cepat lapuk.

Dengan mengikuti enam cara tersebut maka setidaknya mebel tersebut dapat bertahan lama dan Anda menghemat banyak uang dibanding memperbaiki atau menggantinya.

6 Cara Agar Mebel Dapat Bertahan Lama | admin | 4.5