7 Tips Agar Aman Saat Travelling

7 Tips Agar Aman Saat Travelling – Bertandang ke tempat asing yang tak sama sekali kamu kenal memang menimpulkan potensi berbahaya. Mendengar banyak kejadian tak mengenakkan yang menimpa para traveler, seperti diculik, dirampok, bahkan hilang tak ada kabar beritanya, mungkin menimbulkan rasa ragu untuk melakukan perjalanan. Bahkan, malah membuatmu jadi tak kemana-mana.

pantai

Sadar atau enggak, risiko itu tak hanya ada saat traveling. Hampir setiap hal yang dilakukan pun menimbulkan potensi bahaya yang berbeda-beda. Namun, bukan berarti kamu tak bisa mengurangi presentase bahaya itu sendiri, bukan? Supaya perjalananmu lebih aman, tips-tips berikut ini yang harus diketahui.

Berpakaian yang sesuai. Karena kamu sedang ada di negeri orang, maka hormati budaya setempat. Pakai pakaian yang sopan, tak terlalu terbuka, dan sesuai dengan kondisi. Terlebih, kalau kamu pergi ke destinasi-destinasi dengan unsur agama yang kuat.

Tak pakai perhiasan berlebih. Tempatkan situasinya seperti aktivitasmu sehari-hari. Maksimal kamu hanya mengenakan jam tangan. Selebihnya, tinggalkan saja di rumah. Hal ini dilakukan supaya kamu enggak dilukai oleh orang-orang yang berniat kurang baik.

Pakai money belt. Berupa kantung serba guna yang dipakai di dalam baju. Money belt ini bisa digunakan sebagai tempat menyimpan uang, paspor, kartu kredit, atau barang berharga lainnya. Lebih aman karena tak terlalu terlihat oleh orang lain.

Waspada saat berada di penginapan. Mulai dari hostel hingga hotel bintang lima, semuanya harus diwaspadai. Jangan buka pintu sembarangan, bahkan untuk house keeping atau room service. Jangan lupa kunci pintu dan periksa semua sudut kamar saat mau tidur.

Jangan sungkan untuk bertanya. Tapi, kamu juga harus waspada pada siapa pertanyaan itu akan terlontar. Misalnya, kamu bisa bertanya ke pihak hotel atau teman yang sudah lebih dulu datang ke tempat itu tentang sudut-sudut kota yang rawan ketika siang, maupun malam hari.

Bawa kartu nama penginapan. Kaalau kamu tipe traveler yang asyik menjelajah kota hingga ke sudut terpencil, maka kesempatan untuk tersesat pun terbuka selebar-lebarnya. Karenanya, kamu harus bawa kartu nama penginapan, sehingga tahu kemana harus kembali.

Bawa tali pengikat koper. Terlebih, kalau kamu bertandang ke Eropa. Tali bermaterial baja ini bisa ditemukan di toko-toko yang menjual berbagai travel stuff. Gunanya untuk mengaitkan koper ke tempat tidur, lemari, atau meja supaya tak mudah dicuri.

Lebih aman dalam perjalanan tentu akan memberi pengalaman berbeda dan kesan yang lebih baik akan satu destinasi. Sehingga, bisa merencanakan perjalanan-perjalanan selanjutnya tanpa rasa takut yang berlebihan. Kalau kamu juga mau berbagai tips supaya aman saat traveling, langsung tuliskan di kolom komentar aja.

7 Tips Agar Aman Saat Travelling | admin | 4.5