Cara Darurat Akali Busi Motor yang Mati

Azzhura.com – Kadangkala, pemotor tidak mengetahui jika kemampuan busi telah melemah karena usia pakai. Jika dibiarkan bukan tidak mungkin bila busi tiba-tiba saja mati ketika motor dikendarai.

Kondisi ini pastinya membuat motor mogok. Yang dikhawatirkan apabila motor mogok jauh dari bengkel atau rumah sehingga Anda perlu mendorong motor mencari bantuan.

Bila kondisi ini terjadi, Anda jangan panik. Sebenarnya, busi masih bisa diakali agar motor bisa dihidupkan dan melanjutkan perjalanan.

“Kalau busi mati dan keadaan bengkel atau rumah jauh, cara daruratnya yaitu pecahkan keramik yang ada di bagian dalam busi sampai menyisakan besi elektrodanya. Setelah itu, busi dipasang kembali,” kata Fikri, mekanik Aris Motor beberapa waktu lalu.

Pria yang karib disapa Bento ini menjelaskan bila cara memecahkan bagian keramiknya tidak sulit. Cukup dicongkel dan dikorek pakai obeng min yang ujungnya dapat masuk ke celah antara drat dan keramik bagian dalam.

Ini terjadi karena ujung elektroda yang telah melemah. Lapisan keramik itu, lanjut Bento, berfungsi sebagai sekering pelindung. Dengan dicongkel, loncatan api terbantu elektroda pada batang besi yang terbuka.

“Cara ini hanya sanggup membuat motor dikendarai sampai rumah atau bengkel terdekat. Sebab, begitu kunci kontaknya mati maka businya ikut mati total,” tuturnya.

Cara Darurat Akali Busi Motor yang Mati | admin | 4.5