Cara Membuat Pewarna Makanan Hitam

Cara Membuat Pewarna Makanan Hitam – Anda bisa menemukan pewarna makanan hitam di toko-toko khusus, namun tidak terlalu umum seperti jenis pewarna lainnya. Buatlah pewarna sendiri di rumah dari pewarna-pewarna lain atau carilah bahan-bahan alami untuk mewarnai frosting/icing (krim pelapis kue dengan bahan utama gula), makanan panggang, atau hidangan asin.

pewarna makanan

Metode 1

  1. Belilah pewarna makanan merah, biru, dan hijau. Anda bisa mencampur warna-warna ini untuk menciptakan pewarna abu-abu tua, yang bisa semirip mungkin tanpa harus membeli pewarna makanan hitam.
    Jika Anda membuat icing/frosting, gunakan pewarna makanan pasta atau gel. Pewarna makanan cair tidak terlalu pekat dan bisa membuat icing tersebut encer.
  2. Campurlah dengan bubuk kakao (hanya untuk frosting putih). Hasil akhirnya selalu lebih baik jika Anda memulai dengan resep makanan berwarna gelap. Jika menggunakan frosting putih, Anda bisa mengatasinya dengan mencampur bubuk kakao, satu sendok makan saja.
  3. Bubuk kakao hitam memberikan hasil terbaik, namun bubuk kakao biasa baik digunakan untuk cara ini.
    Jika melewatkan langkah ini, Anda perlu menggunakan pewarna makanan lebih banyak, yang bisa memengaruhi rasa dan tekstur makanan.
  4. Tambahkan pewarna makanan merah, biru, dan hijau dalam jumlah yang sama ke dalam resep. Mulailah dengan beberapa tetes untuk tiap warna, dengan mengaduknya secara merata. Ulangi hingga campuran ini menjadi gelap, yaitu berwarna abu-abu tua, dengan selalu menambahkan pewarna dalam jumlah yang sama.
    Anda bisa menggunakan pewarna makanan kuning sebagai pengganti pewarna hijau, namun warna yang lebih terang membuat campuran lebih sulit untuk berubah menjadi hitam.
  5. Sesuaikan warnanya. Jika Anda melihat tanda-tanda warna lain dalam warna abu-abu, buatlah penyesuaian ini:
    1. Jika tampak hijau, tambahkan warna merah.
    2. Jika tampak ungu, tambahkan warna hijau.
  6. Buatlah semua penyesuaian dengan menambahkan satu tetes pewarna, dan mengaduknya secara merata untuk setiap tetes tambahan.
  7. Tunggulah warna akhirnya. Sebagian besar pewarna makanan warnanya akan menjadi gelap di dalam buttercream (krim mentega) dan agak pudar di dalam royal icing (selain gula, terbuat dari putih telur) atau boiled icing (dibuat dengan cara direbus).
  8. Jika Anda membuat jenis icing yang terakhir ini, pertimbangkan untuk menambah pewarna setengah jam sebelum disajikan untuk meminimalkan warna yang memudar.
  9. Di beberapa tempat, zat-zat kimia di dalam air bisa mengubah warna. Buttercream biasanya memiliki warna yang lebih rata jika dibuat dari susu.
  10. Jauhkan pewarna makanan dari cahaya dan panas langsung, yang bisa membuat warnanya pudar.

Metode 2

  1. Campurlah bubuk kakao hitam ke dalam adonan kue. Jenis bubuk kakao khusus ini yang diberi label ”black (hitam)” atau “ultra Dutch processed (cokelat yang diproses dengan bahan alkali)”,memiliki warna yang lebih gelap dan rasa yang lebih ringan daripada bubuk kakao biasa. Bubuk kakao ini membuat kue menjadi berwarna hitam gelap dengan rasa cokelat. Jika ingin mengganti bubuk kakao biasa, buatlah perubahan berikut ke dalam resep:
    1. Tambahkan sedikit lemak (mentega atau minyak).
    2. Gunakan 1 sendok teh baking powder (mengandung sodium bikarbonat, krim tartar, dan bahan pengering yaitu pati) sebagai pengganti soda kue (hanya mengandung sodium bikarbonat) sebanyak ¼ sendok teh.
  2. Tambahkan tinta cumi-cumi untuk makanan asin. Tinta cumi-cumi memiliki rasa yang asin dan tidak cocok untuk makanan manis atau pencuci mulut. Tinta cumi-cumi paling sering digunakan untuk mewarnai pasta, nasi, atau saus asin. Untuk mendapatkan warna yang paling pekat, campurkan tinta cumi-cumi ke dalam adonan pasta buatan rumah (menggantikan garam dan sedikit bahan-bahan cair). Untuk cara yang lebih cepat namun dengan warna yang tidak terlalu pekat, tambahkan tinta ke dalam air saat pasta atau beras direbus. Aduk pula tinta ke dalam saus untuk menciptakan penampilan yang lebih dramatis.
    1. Penjual ikan kadang-kadang menjual tinta cumi-cumi, namun Anda mungkin perlu menanyakannya ke beberapa penjual.
    2. Tambahkan tinta cumi-cumi dalam jumlah sedikit. Tinta ini rasanya cukup asin dan terasa yodiumnya dalam jumlah besar.

Tips

  • Toko-toko bahan kue khusus mungkin menjual pewarna makanan hitam.
    Kulit walnut hitam bisa direbus untuk menghasilkan warna hitam atau cokelat tua untuk menghias cangkang telur.
  • Mengonsumsi pewarna ini bisa membahayakan, jadi jangan gunakan sebagai pewarna makanan. Air pewarna ini akan menodai kulit, pakaian, dan segala sesuatu yang bersentuhan dengannya.

Peringatan

  • Jangan gunakan tinta cumi-cumi jika ada orang yang memiliki alergi makanan laut.
Cara Membuat Pewarna Makanan Hitam | admin | 4.5