Cara Menangani Virus Zika

Cara Menangani Virus Zika – Himbauan untuk menunda kehamilan sementara, bagi warga di Kolombia, Ekuador, El Salvador, dan Jamaika dikeluarkan pemerintah setempat, untuk mencegah serangan virus Zika.

Virus ini disinyalir sebagai penyebab bayi lahir dengan kondisi microchepaly atau ukuran kepala bayi tidak normal. Gejala yang ditunjukkan pun mirip dengan mereka yang terkena DBD ataupun chikungunya.

Masyarakat perlu lebih mengetahui seperti apa gejala yang timbul saat terjangkit virus ini, termasuk cara penanganannya, agar tidak menimpa calon buah hati.

Gejala yang paling terlihat adalah panas, ruam, nyeri sendi, konjungtivitis atau peradangan pada selaput mata. Gejala lain yang menyertai adalah nyeri otot dan sakit kepala.

Masa inkubasi virus ini juga belum diketahui, namun diperkirakan mulai dari beberapa hari hingga beberapa minggu. Kematian jarang ditemukan pada orang yang terjangkit virus ini.

Untuk pencegahan sendiri, hingga saat ini tidak ada vaksin atau obat-obatan yang tersedia untuk mencegah infeksi virus Zika.

Dilansir dari situs resmi U.S Centers for Disease Control and Prevention, CDC.gov, bagi mereka yang mengalami gejala-gejala seperti yang telah disebutkan di atas, diharapkan untuk beristirahat dengan cukup, minum banyak cairan untuk mencegah dehidrasi, mengonsumsi obat seperti paracetamol atau acetaminophen, untuk meredakan panas dan nyeri.

Jangan pula mengonsumsi aspirin dan NSAIDs, seperti ibuprofen dan naproxen. Kedua obat ini harus dihindari untuk mengurangi risiko hemorrhage atau pendarahan.

Jika ternyata dinyatakan terinfeksi, pastikan pada minggu pertama agar tidak tergigit nyamuk pembawa virus Zika. Hal ini dikarenakan, di minggu pertama terinfeksi, virus Zika bisa ditemukan dalam darah dan bisa menginfeksi orang lain melalui gigitan nyamuk. Nyamuk yang terinfeksi bisa menularkan virus pada orang lain.

Cara Menangani Virus Zika | admin | 4.5