Cara Mudah Deteksi Kopling Selip

Cara Mudah Deteksi Kopling Selip – Ketika mengendarai mobil, mungkin Anda pernah mengalami situasi dimana kesulitan ketika ingin menggeser tuas transmisi dari persneling satu ke dua atau sebaliknya. Hal ini bisa menjadi gejala kopling selip.

kopling mobil

Sebenarnya kopling selip kerap ditandai oleh beberapa hal, di antaranya kesulitan memindahkan posisi gigi. Kondisi semacam ini biasanya akan mulai terasa ketika mobil sudah masuk tahun ke tujuh masa pemakaian dan telah digunakan setiap hari tanpa ada waktu istirahat.

Jika gejala koling selip sudah terasa, maka sebaiknya sesegera mungkin melakukan servis pada bagian tersebut.

Berikut ini beberapa langkah tips dari Toyota untuk mengetahui apakah mobil Anda mengalami kopling selip atau tidak, seperti dilansir situs resmi Toyota, Selasa 10 November 2015;

1. Pindahkan transmisi saat jalan menanjak

Cara paling mudah untuk mengetahui kondisi kopling selip atau tidak adalah dengan mencoba saat jalan menanjak. Jika kondisi jalan saat itu cukup sepi, maka ketika menanjak, pindahkan posisi gigi transmisi mobil Anda ke posisi yang lebih rendah.

Jika kopling terasa keras walau pedal sudah diinjak penuh, maka bisa dipastikan kopling selip.

2. Muncul suara-suara aneh

Ketika mobil berakselerasi jika muncul bunyi-bunyi aneh seperti suara benda berputar cukup keras, maka kemungkinan bunyi aneh itu muncul dari kopling yang selip.

3. Pedal kopling keras

Rasakan pedal kopling mobil Anda apakah masih terasa seprti biasa atau terasa lebih keras dan butuh tenaga ekstra untuk menginjaknya? Jika kondisi kedua yang terasa maka ini menjadi pertana kopling selip.

4. Tes kondisi pedal kopling

Pada kondisi mobil masih diam, tarik rem tangan, hidupkan mesin, injak pedal kopling, masukkan transmisi ke posisi gigi empat.

Kemudian secara perlahan lepas injakan pedal koling namun kaki kanan tetap menginjak pedal gas. Rasakan jika mobil tak memberi respon sama sekali maka itu pertana kopling selip dan harus diganti.

Cara Mudah Deteksi Kopling Selip | admin | 4.5