Cara Tepat Pemberian Obat Cacing

Cara Tepat Pemberian Obat Cacing – OBAT cacing wajib diberikan kepada anak-anak setiap satu atau dua kali dalam setahun. Pemberian obat tersebut, guna mencegah penyakit infeksi cacing, serta menurunkan angka prevalensi cacingan yang masih tinggi.

anak kecil

Dokter Spesialis Anak, dr Sri Kusumo Amdani SpA mengatakan, anak-anak usia di atas dua tahun sudah wajib diberikan obat cacing oleh orangtuanya. Karenanya mereka sudah mengenal aktivitas fisik di lingkungan terbuka sesuka hatinya.

“Obat cacing albendazole dan pirantel pamoat boleh diberikan kepada anak usia dua tahun. Mereka lebih suka main tanah dan belum punya kebiasaan cuci tangan pakai sabun,” ujar dr Sri saat Press Conference ‘Gerakan Waspada Cacingan” di Gedung Sasana Kriya, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Kamis (5/11/2015).

Kedua jenis obat cacing itu, tambah dr Sri, ampuh mencegah perkembangbiakan cacing kremi dan cacing gelang. Tentu setelah anak-anak meminumnya, ada efek samping yang mereka rasakan, namun orangtua tak perlu khawatir.

“Efek sampingnya ringan sekali. Untuk anak-anak yang sensitif, mereka akan terasa mual dan pusing. Tapi ini jarang sekali terjadi, kalau dosis obat yang diberikan tepat 10 mg dari berat badan si anak,” terangnya.

Agar efek samping itu terhindar, Anda harus menyuruh si buah hati untuk minum obat cacing saat malam hari, tepatnya saat sebelum tidur. Pada waktu tersebut, obat akan bekerja maksimal sampai membuat si cacing cepat musnah.

Cara Tepat Pemberian Obat Cacing | admin | 4.5