Caroline Herschel, Penemu Komet

Caroline Herschel menjadi Google doodle hari ini. Tokoh doodle hari ini merayakan ulang tahunnya yang ke 266. Oleh karena itulah, tim doodle membuatkan gambar doodle ulang tahun untuk mendiang Herschel. Gambar doodle-nya pun bukan gambar doodle biasa, melainkan gambar doodle bergerak seperti gambar gif. Ini bukanlah pertama kalinya doodles team membuatkan gambar bergerak untuk doodle birthday.

Mungkin ada beberapa sobat di sini yang belum mengenal banyak tentang Caroline Herschel. Perlu sobat ketahui bahwa Caroline Herschel adalah seorang astronom terkenal di dunia. Beliau adalah wanita Jerman yang menjadi astronom setelah kakaknya yang juga seorang astronom terkenal, Sir William Herschel.

Caroline Lucretia Herschel lahir di kota Hanover pada 16 Maret 1750. Herschel adalah anak kedelapan dan putri keempat dari Ishak Herschel dan istrinya, Anna Ilse Moritzen. Ketika William Herschel sangat tertarik pada dunia astronomi, Caroline adalah yang mendukungnya. Hingga suatu saat Caroline juga tertarik mempelajari astronomi.

Sebagai astronom, Caroline Herschel berhasil menemukan beberapa komet. Salah satu diantaranya adalah komet 35P periodik / Herschel-Rigollet. Di mana komet tersebut juga menyandang nama keluarganya, Herschel. Caroline adalah astronom wanita pertama yang kontribusinya untuk pengetahuan alam (sains) mendapatkan bayaran.

Caroline Herschel, Penemu Komet | admin | 4.5