4 Manfaat Kacang Mede/Kacang Mete/Anacardium Occidentale

Jambu monyet atau jambu mede (Anacardium occidentale) adalah sejenis tanaman dari suku Anacardiaceae yang berasal dari Brasil dan memiliki “buah” yang dapat dimakan. Yang lebih terkenal dari jambu mede adalah kacang mede, kacang mete atau kacang mente; bijinya yang biasa dikeringkan dan digoreng untuk dijadikan pelbagai macam penganan.

Secara botani, tumbuhan ini sama sekali bukan anggota jambu-jambuan (Myrtaceae) maupun kacang-kacangan (Fabaceae), melainkan malah lebih dekat kekerabatannya dengan mangga (suku Anacardiaceae)

Manfaat dari kacang mede/kacang mete antara lain :

1. Mencegah Flu

Makan ½ cup kacang mete akan memberikan 33% angka kecukupan gizi (AKG) zinc, mineral yang terbukti berkhasiat memfortifikasi system imun yang bekerja terlalu keras. Para periset di Cleveland Clinic menemukan zinc memberantas virus pilek, mengurangi durasi infeksi sampai 57%.

2. Mengatasi perasaan marah

Makan segenggam kacang mete memberikan campuran magnesium dan asam amino tryptophan yang dapat membangkitkan semangat. Keduanya meningkatkan produksi zat kimia yang menimbulkan rasa senang: serotonin. Para periset Swiss menemukan, nutrient ini sama efektifnya dengan obat dalam memerangi rasa sedih.

3. Melindungi kulit dari stress

Satu saji kacang mete mengandung 40% AKG copper. Nutrien ini memacu melanin, pigmen penting untuk kulit dan rambut bersinar. Copper juga meningkatkan pertahanan antioksidan terhadap radikal-radikal bebas penyebab kerut dan menstimulir produksi kolagen dan elastin yang menghaluskan kulit.

4.Mencegah gigi berlubang

Menurut sebuah laporan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, anacardic acid di dalam kacang mete membunuh bakteri yang mengikis email gigi dan menyebabkan bau mulut.

4 Manfaat Kacang Mede/Kacang Mete/Anacardium Occidentale | admin | 4.5