Peluang Usaha di Bidang Jasa TI

Peluang Usaha – Pada zaman modern seperti sekarang aktivitas masyarakat sudah tidak bisa lagi dipisahkan dengan sistem teknologi informasi. Mulai dari di tingkat rumah tangga, sektor pendidikan hingga pekerjaan membutuhkan teknologi untuk memudahkan pekerjaan. Hal inilah yang ditangkap Noto Sudarmiko sebagai peluang usaha.

Lewat bendera usaha Indekslink Indonesia, Noto menawarkan one-stop business IT solution. Usaha yang berpusat di Sidoarjo, Jawa Timur ini berdiri pada April 2008. Dua tahun berselang di Januari 2010, Indekslink lebih serius menggarap bisnis ini dengan memiliki badan hukum di bawah bendera PT Mextra Citra Karya Mandiri sekaligus menawarkan konsep kemitraan usaha yang dinamakan Multilink.

Kalau dikategorikan, Indekslink memberikan delapan jenis layanan jasa, yaitu jasa pembuatan website, penjualan aplikasi mesin kasir, jasa iklan online dan SEQ Google, jasa sistem loket pembayaran online, jasa sistem penjualan tiket pesawat dan hotel, pembuatan video, serta desain layout.

Saat ini Indekslink memiliki tujuh mitra usaha yang tersebar di Sidoarjo, Blitar, Sragen, Jakarta, dan Surabaya. Jika tertarik bergabung, Noto menawarkan dua paket kemitraan, yaitu paket home office senilai Rp 18,8 juta dan paket small office seharga Rp 97 juta.

Pada paket home office, mitra akan mendapat perlengkapan promosi, printer multifungsi, alat pembuat ID card, pelatihan desain grafis, dan software iklan massal. Paket home office bisa menggunakan rumah maupun kosan untuk tempat usaha. Nilai investasi itu sudah mencakup franchise fee senilai Rp 5 juta yang berlaku selama dua tahun.

Balik modal 2 tahun

Sedangkan pada paket small office, mitra harus menyediakan tempat usaha sekitar 100 m². Mitra akan mendapat fasilitas tambahan desain interior dan peralatan gerai, serta berbagai pelatihan yang berhubungan dengan IT. Pusat juga akan memberi dukungan pengerjaan proyek dari konsumen jika mitra tidak sanggup mengerjakannya. “Pusat juga akan menyediakan SDM untuk mitra,” katanya.

Noto menghitung, dalam sebulan, satu gerai bisa memperoleh omzet sekitar Rp 10,32 juta untuk paket termurah. Setelah dikurangi berbagai biaya operasional seperti sewa tempat, gaji pegawai, mitra akan mendapat laba bersih sekitar 25%. Mitra diperkirakan balik modal dalam waktu 21 bulan.

Levita Supit, Ketua Umum Waralaba dan Lisensi Indonesia mengatakan, peluang menggarap bisnis ini terbuka lebar sebab saat ini merupakan era TI. Namun kompetitor dalam bidang ini sudah banyak, termasuk perusahaan besar menggarap pasar yang segmentasinya hingga ke rumah tangga. Untuk itu, manajemen pusat harus kreatif menawarkan jasa. Pembuatan video dan desain grafis adalah salah satu terobosan baik. Namun kualitasnya harus bisa bersaing dengan perusahaan besar.

Peluang Usaha di Bidang Jasa TI | admin | 4.5